CONTOH ARTIKEL TEMA TOLERANSI


PENTINGNYA MENGHARGAI PERBEDAAN DALAM BERAGAMA DAN BERBUDAYA


Indonesia adalah negeri yang kaya akan perbedaan dan keberagaman mulai dari suku, agama, bahasa, ras, budaya dan adat istiadat. Keberagaman itulah yang membuat Indonesia menjadi negri yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Tidak ada satupun negara di dunia yang dapat mengungguli jumlah bahasa daerah di Indonesia, dan tidak ada satupun negara di dunia yang dapat mengungguli jumlah kesenian yang ada di Indonesia.  Karena itulah kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan keberagaman yang kita miliki, bukan menjadikan keberagaman sebagai alasan untuk membeda-bedakan apalagi alasan untuk melakukan peperangan. Dengan adanya keberagaman itu kita harus bersatu agar hal-hal seperti perang suku, tawuran, dan diskriminasi tidak terjadi lagi di Indonesia. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh mahasiswa guna memupuk kebanggaan dan penghormatan pada keberagaman yang dimiliki Indonesia yaitu :
1.      Menghargai teman yang berbeda agama
Menghargai teman yang berbeda agama dapat kita lakukan dengan tidak mengejek teman yang berbeda agama, tidak makan di depan teman yang muslim saat sedang berpuasa, tidak memfitnah teman yang berbeda agama, dan lain sebagainya.
2.      Tidak membeda-bedakan teman
Tidak membeda-bedakan teman dapat kita lakukan dengan cara menolong siapa saja tanpa melihat suku atau agama, tidak mengucilkan teman yang berbeda agama saat memilih kelompok, tidak melihat suku atau agama saat memilih teman, dan lain sebagainya.
3.      Dapat menerima perbedaan
Dapat menerima perbedaan contohnya kita tidak merasa risih saat berbicara dengan orang yang berbeda agama, tidak menjelek-jelekan suku atau agama lain, tidak mencemooh teman yang berbeda suku atau agama, dan lain sebagainya.
4.      Mampu bertoleransi dengan teman yang berbeda agama
Misalnya dengan mengadakan istirahat pada waktu sholat, menghentikan proses diskusi saat terdengar suara adzan, tidak melakukan keributan saat teman yang berbeda agama mengadakan acara keagamaan, dan lain sebagainya.
Perilaku-perilaku di atas hanya sebagian dari sekian banyak perilaku yang bisa kita lakukan untuk menghargai dan menghormati kebergaman. Perilaku di atas sangat penting untuk kita terapkan di kehidupan sehari hari kita, karena dengan menerapkan perilaku-perilaku tersebut kita telah ikut serta dalam upaya meningkatkan kesadaran kita dan orang-orang di sekitar kita tentang pentingnya memupuk kebanggaan dan penghormatan terhadap perbedaan. Sehingga kedepannya orang-orang disekitar kita akan meniru tindakan atau perilaku yang kita lakukan, dan menyebarkannya kepada orang lain. Indonesia sendiri menggunakan kata “Bhineka Tunggal Ika” sebagai semboyan negaranya, yang berarti bahwa negara Indonesia menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu kita warga negara Indonesia diwajibkan untuk menghargai perbedaan sehingga tidak terjadi perpecah belahan di antara masyarakat. Jika hal ini kita lakukan dengan sungguh-sungguh maka Indonesia akan menjadi negara yang disegani dan ditakuti oleh negara-negara di dunia karena penduduknya yang kompak.
Pada hakikatnya  manusia tidak dapat hidup sendiri tetapi harus dengan bantuan orang lain. Berdasarkan prinsip tersebut   kita wajib menghargai perbedaan dan keberagaman. Di dalam pancasila juga disebutkan bahwa persatuan itu penting, yaitu pada sila ke-3 yang berbunyi ”Persatuan Indonesia”.
Kita sebagai mahasiswa sekaligus generasi penerus bangsa harus ikut berperan aktif dalam upaya memupuk kebanggaan dan penghormatan terhadap perbedaan yang ada di Indonesia. Bagaimana caranya? Caranya yaitu itu dengan menerapkan perilaku-perilaku tadi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan bermasayarakat. Sehinggga akan terwujud Indonesia yang baru yaitu Indonesia yang makmur, aman, sejahtera, damai, dan sentosa.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Asal Usul Orang Jawa